5 Tip untuk Memaksimalkan Produktivitas di Akhir Pekan

0
16

Setelah lima hari bertarung sengit menerjang panas, hujan, dan macet untuk bekerja, akhirnya kamu tiba juga di akhir pekan. Hari di mana kamu tidak lagi khawatir akan dering alarm yang membangunkanmu setiap pagi untuk pergi bekerja dan melakukan rutinitas. Sabtu dan Minggu, dua hari yang penuh kebebasan, kesempatan, berbagai agenda menarik, serta rencana yang besar.

Sayangnya, sering kali akhir pekan tersebut terlewatkan secara sia-sia. Bukannya memanfaatkan akhir pekan dengan berbagai kegiatan yang berfaedah, justru kita terbangun pada hari Minggu siang dengan rumah berantakan serta kepala yang sakit karena sisa party semalam.

Kamu pun berujar, “Masih ada akhir pekan berikutnya, kok…” dan saya maklum, karena kamu tidak sendiri. Saya pun terkadang suka melakukannya.

Kamu berhak atas dua hari untuk beristirahat sejenak sebelum kembali menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas pada minggu berikutnya

Setelah kesibukan dari Senin hingga Jumat, hal pertama yang ingin kamu lakukan sudah pasti memanfaatkan akhir pekan secara maksimal. Kamu telah bekerja keras selama lima hari, dan kamu berhak atas dua hari untuk beristirahat sejenak sebelum kembali menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas pada minggu berikutnya.

Jika kamu sudah muak dengan keluhan seperti “Huh, seandainya saya bisa melakukan lebih banyak kegiatan di akhir pekan…” yang mengiringi Minggu soremu, kamu bisa mencoba beberapa tip berikut agar dapat memanfaatkan setiap akhir pekan dengan maksimal.


Pisahkan akhir pekan dengan hari lainnya

Akhir Pekan | Buat Akhir Pekan Istimewa

Sumber: Pexels

Biasanya akhir pekan dianggap sebagai “perpanjangan waktu” dari lima hari kerja. Beberapa orang memanfaatkan untuk menjalankan berbagai kegiatan yang tidak sempat dilakukan selama Senin hingga Jumat.

Hal ini tidak sepenuhnya salah. Tetapi apabila kamu menganggap akhir pekan sebagai dua hari yang terpisah dari lima hari sebelumnya, kamu akan mampu untuk memaksimalkan jumlah waktu yang ada untuk melakukan hal-hal yang diinginkan.

Cobalah untuk membuat sebuah daftar dari tiga pekerjaan terpenting yang harus diselesaikan

Apabila kamu memiliki deretan pekerjaan yang harus dilakukan, cobalah untuk membuat sebuah daftar dari tiga pekerjaan terpenting yang harus diselesaikan. Kerjakanlah ketiga hal tersebut sebisa mungkin pada pagi hari.

Dengan ini, kemungkinan kamu untuk terjerat pekerjaan lain sepanjang hari akan semakin kecil. Kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai aktivitas.


Tulis apa saja yang ingin kamu lakukan di akhir pekan

Akhir Pekan | To-do List

Sumber: Pexels

Mulailah akhir pekan dengan sebuah daftar to-do. Daftar ini dapat digunakan untuk menyelesaikan semua kegiatan yang memang kamu rencanakan untuk selesai di akhir pekan.

Jangan terlalu lama berpikir untuk membuat daftar tersebut. Jika kamu merasa sebuah hal harus segera diselesaikan, maka selesaikan. Usahakan untuk menyelesaikan seluruh daftar yang ada pada rentang akhir pekan.

Untuk mempermudah pelaksanaannya, kamu dapat memecah daftar to-do tersebut menjadi beberapa bagian.

Kamu dapat mencoba untuk menyusun daftar tersebut dari beberapa hari sebelumnya. Dengan meletakkan catatan serta alat tulis di dekatmu, kamu bisa segera menuliskan hal-hal yang harus diselesaikan ketika tiba-tiba mengingatnya. Untuk mempermudah pelaksanaannya, kamu dapat memecah daftar to-do tersebut menjadi beberapa bagian.

Sebagai contoh, apabila tujuan utama akhir pekan ini adalah untuk merapikan rumah, kamu dapat membuat tiga tugas utama untuk diselesaikan. Kamu bisa memulai dari menyapu ruangan, membersihkan garasi, memotong rumput, atau hal lainnya. Cobalah menyelesaikan pekerjaan tersebut dalam waktu yang kamu tentukan sendiri.

Prioritaskan tugas-tugas tersebut. Tandai jika memang tugas tersebut memerlukan perhatian utama. Jangan takut untuk tidak menyelesaikannya apabila tugas tersebut dirasa memiliki prioritas rendah.


Jauhkan teknologi sejenak

Akhir Pekan | Jauhkan Gadget

Sumber: Pexels

Tahan dulu keinginan membagikan foto masakan yang kamu buat ke media sosial, karena kamu harus sejenak meninggalkan semua urusan yang berhubungan dengan teknologi. Akhir pekan adalah saat di mana kamu melepaskan diri dari dering telepon, notifikasi email dan messenger, serta berbagai hiruk pikuk yang mencegahmu untuk rileks.

Ketimbang menggunakan teknologi untuk berinteraksi secara maya, mengapa tidak bersua dengan beberapa kawan lama sambil “ngopi-ngopi cantik”?

Kegiatan ini akan mengalihkan perhatianmu dari smartphone dan menjaga fokus agar kamu tetap pada apa yang sedang kamu lakukan.

Tidak ada salahnya kamu memulai akhir pekan dengan bangun lebih pagi dan berolahraga di awal hari. Kamu dapat melakukan apa pun, seperti membersihkan kamar, mencuci mobil, membaca buku, menulis apa yang menjadi buah pikiranmu, mengunjungi tempat-tempat menarik, atay berkunjung ke rumah orang tua.

Deretan kegiatan ini akan mengalihkan perhatianmu dari smartphone dan menjaga fokus agar kamu tetap pada apa yang sedang kamu lakukan. Niscaya, setelah kamu dapat meninggalkan smartphone sementara, liburanmu akan terasa lebih menyenangkan serta kamu siap untuk menjalani kesibukanmu kembali.


Cobalah memperbaiki waktu tidur

Akhir Pekan | Tidur

Sumber: Pexels

Kurangnya waktu tidur adalah masalah yang sangat serius, dan sering kali dialami oleh para profesional. Kerugian yang disebabkan oleh kurangnya waktu tidur tidak hanya membuatmu kelelahan, tetapi juga meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Dalam jangka pendek, kekurangan tidur juga memiliki dampak signifikan terhadap hipokampus—sebuah area di dalam otak yang bekerja dengan memori serta konsolidasi.

Kabar baiknya adalah, kamu dapat memperbaiki waktu tidurmu yang kurang saat hari kerja dengan mengambil tidur lebih banyak di akhir pekan. Pendapat ini diperkuat oleh sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago yang membuktikannya melalui riset mereka.

read also

Walaupun kamu dapat membayar kekurangan waktu tidur di akhir pekan, ada baiknya kamu tidak menjadikan hal ini sebagai sebuah kebiasaan. Sebisa mungkin tetap tidur dengan waktu yang cukup, jadi kamu tetap bisa memaksimalkan akhir pekan kamu untuk hal-hal lain yang lebih produktif.

Selain itu, kamu dapat mencoba beberapa tip berikut untuk mendapatkan tidur yang berkualitas serta dapat terbangun dengan tubuh yang segar.

  • Usahakan memiliki waktu tidur serta waktu bangun yang konsisten.
  • Investasikan danamu untuk tempat tidur yang nyaman.
  • Jangan biarkan perangkat mobile atau laptop menunda waktu tidurmu.
  • Buat suasana kamar menjadi gelap, agar mata dapat rileks dan beristirahat segera.
  • Perbanyak gerak tubuh pada siang hari.
  • Jangan bekerja hingga larut malam.
  • Tulis apa saja yang mengganggu pikiranmu. Biasanya ini akan membantumu rileks lebih cepat.

Jangan memaksakan diri

Akhir Pekan | Kelelahan

Sumber: Pexels

Sama seperti hal lainnya, melakukan segala sesuatu secara berlebihan tidaklah baik. Merencanakan untuk melakukan banyak hal pada akhir pekan adalah hal yang baik, tetapi apabila kamu terlampau memaksa dirimu melakukan terlalu banyak hal justru akan membuatmu kewalahan.

Bukannya tubuh bugar dan pikiran yang segar setelah akhir pekan, kamu justru akan membuat dirimu lelah, bahkan ketika Senin belum dimulai.

Buatlah daftar hal untuk dilakukan pada akhir pekan dengan mengukur kembali kemampuan serta waktu yang kamu butuhkan. Apabila ada beberapa hal yang belum sempat kamu lakukan, masukkan kembali ke dalam daftar to-do untuk dilakukan pada minggu depan (apabila tidak bersifat time-sensitive).

Kamu juga dapat memanfaatkan waktumu untuk bersantai. Tenang, artikel ini bukan dibuat untuk memaksamu tetap bekerja di akhir pekan. Tetapi lakukan berbagai hal agar kamu tetap produktif hingga Senin menyambutmu kembali.


Jangan terlalu terikat kepada apa yang ingin kamu lakukan, tetapi kembali lagi kepada prioritas yang telah kamu susun. Lakukan hal prioritas tinggi terlebih dahulu, dan sisanya dapat menyusul kemudian.

Kamu memiliki tip produktivitas lain untuk dibagikan? Silakan bagikan pada kolom komentar. Selamat berakhir pekan!

Sumber : Teach in Asia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here