Startup Kekinian ala Vidi Aldiano, Platform Unik Para Kreatif

0
553

Berawal dari tugas disertasi kuliah di Manchester University, Vidi Aldiano melanjutkan konsep tersebut dalam sebuah bisnis startup. Startup yang diberi nama KROWD ini merupakan wadah bagi semua orang yang ingin bekerja sama untuk mencapai kesuksesan.

Startup Kekinian ala Vidi Aldiano, Platform Unik Para Kreatif zetizen.com

Mulanya konsep KROWD tercetus dari masalah yang dia alami sendiri. Vidi sering kesusahan untuk bisa menemukan orang dalam menghasilkan cover album yang out of the box. Singkat cerita, dia berhasil berkolaborasi dengan “Kreavi” untuk menciptakan artbook dari album Persona.

“Akhirnya tercetuslah KROWD, yakni sebuah platform yang mehubungkan para kreator di industri kreatif untuk saling berkolaborasi dan berkarya,” kata Vidi Aldiano di Gedung Siola, Surabaya, Ahad lalu.

1. KROWD bisa menjodohkan para kreator untuk bisa saling berkolaborasi.

Startup Kekinian ala Vidi Aldiano, Platform Unik Para Kreatif

Layaknya situs pencari jodoh, KROWD akan menjadi wadah untukmu yang memiliki proyek dan mempunyai skill. Terdapat dua jenis orang di KROWD, yakni inisiator yang memiliki proyek dan collaborator yang memiliki keahilian.

Dalam acara tersebut, hadir pula sembilan inisiator. Dua di antaranya telah sukses karena bergabung dengan KROWD.

“Melalui KROWD, kami sudah berkolaborasi dengan 18 collaborator. Melalui kampanye melindungi hutan via suara, kami sangat terbantu dengan adanya orang-orang kreatif di KROWD,” ujar salah satu perwakilan Greenpeace, Tasya Pradna Maulana.

KROWD offline ini merupakan salah satu program yang dijalankan sebelum resmi pada 10 Januari mendatang.

“Hari ini merupakan CROWD offline ke-2 di Surabaya, setelah tiga sebelumnya berada di Jakarta. Inisiator  yang ada telah diseleksi dengan sangat ketat, sehingga  collaborator  bisa mengasah kemampuannya,” tambah Vidi Aldiano.

2. KROWD offline merupakan salah satu acara seru yang akan terus berlanjut.

Melalui situs Krowd.id kamu bisa mendaftarkan diri sebagai inisiator maupaun collaborator. Tak ada syarat khusus, tapi kamu harus memberikan info sejelas-jelasnya. Meskipun akan resmi online, KROWD offline akan tetap ada. Selain hadir ke Bandung dan Yogyakarta, KROWD akan hadir lagi di Surabaya pada 28 Januari 2018.

Sesi offline ini merupakan sebuah gambaran bagaimana KROWD bekerja. Tujuh inisiator  berkesempatan menjelaskan konsep proyek mereka. Kemudian di akhir acara, para  collaborator akan menghampiri peserta untuk saling berdiskusi.

Startup Kekinian ala Vidi Aldiano, Platform Unik Para Kreatif

Tak ketinggalan Vidi Aldiano juga memberikan masukan maupun pengalaman yang dia punya selama ini.

“Banyak startup yang gagal di tengah jalan karena timeline mereka yang buruk. Harusnya para inisiator bisa lebih memahami background para collaborator, sehingga proyek bisa berjalan dengan baik dan sukses,” kata Vidi.

3. KROWD bisa menjadi wadah bagi para inisiator meski  tidak memiliki budget yang besar.

Startup Kekinian ala Vidi Aldiano, Platform Unik Para Kreatif

Seperti yang disinggung di atas, KROWD merupakan wadah bagi mereka untuk bekerja sama. Tidak semua kerja kerasmu harus dibayarkan semata-mata mengharapkan uang.

Dari tujuh inisiator yang ada, rata-rata mereka menjanjikan tiga hal yang sama. Yakni portfolio, memperluas jaringan, dan pengalaman untuk jenjang karir selanjutnya. Tentunya, ada beberapa inisiator yang bisa memberikan profit berupa uang.

Tujuh di antaranya adalah Big Dance Crew, Agenda Kota, Garda Pangan, Jahitin, Kita Peduli Anak Surabaya (Kipas), Goyipipi, dan DusDukDuk. Kamu yang tidak datang, bisa langsung menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi lowongan kerjanya.

Startup Kekinian ala Vidi Aldiano, Platform Unik Para Kreatif

“KROWD bukanlah startup yang berorientasikan uang. Orang-orang yang ada memang datang untuk saling bekerja sama yang menguntungkan,” kata Vidi.

Nah, itulah beberapa kelebihan yang bisa kamu manfaatkan di KROWD. Kamu bisa mencari sumber daya manusia yang kompeten maupun bisa mengasah kemampuan untuk mencari portofolio. Yuk, join!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here