10 Aplikasi Android Gratis untuk Memperluas Ruang Penyimpanan

0
1108

Punya smartphone Android, namun tidak punya cukup dana untuk membeli memory card berkapasitas besar sebagai media penyimpanan data tambahan? Atau smartphone Android kamu tidak mendukung media penyimpanan data eksternal?

Tidak usah khawatir! Kamu bisa memanfaatkan media penyimpanan awan (cloud storage). Berikut adalah sepuluh aplikasi cloud storage yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah kapasitas penyimpanan secara cuma-cuma!


Google Photos

Google Photos | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: tak terbatas (khusus foto dan video)
Layanan premium: tidak ada

Layanan back-up khusus foto dan video milik Google ini menyediakan kapasitas penyimpanan tidak terbatas untuk para penggunanya. Kamu bisa mengunggah foto dan video dalam kualitas HD ke cloud storage ini dan mengaksesnya di beragam jenis perangkat yang terhubung ke akun sama.

Tak hanya bisa menyimpan, Google Photos juga dilengkapi dengan beragam fitur, seperti edit foto, kemampuan berbagi ke pengguna lain, hingga pembuatan album secara otomatis. Layanan ini rasanya wajib dipakai oleh semua pengguna smartphone, terutama yang menyukai fotografi.


Flickr

Flickr | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 1 TB (khusus foto dan video)
Layanan premium: tidak ada

Flickr merupakan aplikasi berbagi foto dari Yahoo. Bagi kamu yang bergelut di dunia fotografi, nama Flickr mungkin sudah tak asing lagi. Tidak tanggung-tanggung, Flickr memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 1 TB yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan koleksi foto dan video.

Agar foto dan video dapat tersimpan di Flickr, kamu perlu mengaktifkan fitur Auto Sync di dalam aplikasi terlebih dahulu. Setelah mengaktifkannya, foto dan video yang kamu ambil dengan kamera smartphone secara otomatis akan tersimpan di Flickr. Sayangnya, data yang bisa disimpan dalam Flickr hanya berupa file foto atau video.


MEGA

MEGA | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 50 GB
Layanan premium: Mulai dari Rp70.000 per bulan untuk 200 GB

Layanan penyimpanan kontroversial yang sebelumnya bernama Megaupload ini juga bisa dicoba. Cukup dengan melakukan registrasi, kamu akan mendapatkan 50 GB penyimpanan gratis. Di MEGA, kamu bisa menyimpan berbagai jenis file mulai dari foto, video, musik, dokumen, dan lainnya.

Saat registrasi akun, MEGA akan membuat sebuah kunci yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi datamu. Enkripsi adalah proses mengamankan informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca dengan sebuah sandi khusus. Sedangkan dekripsi adalah proses membuat informasi yang disandikan sebelumnya dapat dibaca.


Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 5 GB
Layanan premium: Mulai dari Rp31.000 per bulan untuk 50 GB

OneDrive—sebelumnya bernama SkyDrive—adalah layanan cloud storage dari sang kreator OS Windows. Kamu akan mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB hanya dengan mendaftar.

Anda bisa menyimpan berbagai jenis file pada Microsoft OneDrive. Semua data Anda akan terhubung secara otomatis sehingga kamu tidak perlu mengirim secara manual menggunakan USB.


Google Drive

Google Drive | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 15 GB
Layanan premium: Mulai dari Rp26.900 per bulan untuk 100 GB

Layanan cloud storage satu ini tentunya tidak asing bagi pengguna Android, mengingat aplikasi Google Drive terpasang otomatis di setiap smartphone Android. Kamu akan mendapat sebesar 15 GB kapasitas penyimpanan gratis yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file.

Kamu juga bisa membuat file dengan Google Drive, mulai dari dokumen teks, spreadsheet, hingga presentasi. Namun, kamu perlu memasang aplikasi DocsSheet, dan Slide.


Box

Box | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 10 GB
Layanan premium: Mulai dari US11,5 (sekitar Rp155.000) per bulan untuk 100 GB

Dengan mendaftar pada layanan Box, kamu akan mendapat penyimpanan gratis sebesar 10 GB. Jika ingin lebih, kamu bisa mendapatkan hingga 100 GB tambahan dengan mengajak teman atau orang lain untuk mendaftar.

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Box memungkinkan kamu untuk menyimpan beragam file dokumen, seperti dokumen Microsoft Word, PDF, dan lainnya, tanpa perlu membuka aplikasi Box.


Dropbox

Dropbox | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 10 GB
Layanan premium: Mulai dari US$11,5 (sekitar Rp155.000) per bulan untuk 100 GB

Layanan cloud storage Dropbox menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2 GB. Namun, serupa dengan Box, kamu bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 16 GB bila mengajak teman atau orang lain untuk ikut menggunakan Dropbox. Setiap teman yang menggunakan Dropbox berdasarkan referensi dari kamu akan memberikan tambahan kapasitas penyimpananmu sebesar 500 MB.

Salah satu kelebihan Dropbox ketimbang kebanyakan layanan cloud storage lain adalah dukungannya terhadap beragam aplikasi, layanan, atau OS. Beberapa aplikasi mendukung penyimpanan back-up data di Dropbox secara langsung. Integrasinya ke OS Android dan iOS juga cukup baik, sehingga pengguna bisa langsung menyimpan beragam file ke Dropbox hanya dengan beberapa kali tap saja.


Amazon Drive

Amazon Drive | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 5 GB
Layanan premium: Mulai dari US$11,9 (sekitar Rp155.000) per tahun untuk 100 GB

Layanan cloud storage milik raksasa e-commerce asal Amerika Serikat ini menawarkan value for money tinggi untuk layanan premiumnya. Bagaimana tidak? Biaya berlangganan layanan premiumnya per tahun sama dengan tarif Dropbox per bulan, untuk kapasitas penyimpanan yang sama!

Bila kamu ingin mencoba dulu pun, Amazon Drive menyediakan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB yang bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis file. Kamu juga akan mendapat potongan harga bila kamu menjadi pelanggan layanan Amazon Prime, yang sayangnya belum tersedia di Indonesia.


IDrive

IDrive | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 5 GB
Layanan premium: Mulai dari US$69,5 (sekitar Rp938.000) per tahun untuk 2 TB

IDrive menyediakan solusi satu pintu untuk beragam kebutuhan back-up data di berbagai jenis perangkat milikmu. Layanan ini juga telah mendukung back-up data di PC, Mac, Android, hingga iOS, ke dalam satu akun. Fitur ini akan mempermudah kamu mengakses data cadangan di mana pun kala dibutuhkan.

Selain itu, aplikasi mobile IDrive juga mengizinkan kamu untuk mengakses data back-up dari perangkat lain langsung lewat smartphone. Terdapat juga opsi back-up data media sosial, meliputi Facebook dan Instagram.


MediaFire

MediaFire | Screenshot

Kapasitas penyimpanan gratis: 10 GB
Layanan premium: Mulai dari US$5 (sekitar Rp67.500) per bulan untuk 1 TB

Meski kamu hanya akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 10 GB pada awalnya, namun kamu dapat memperbesarnya hingga 50 GB tanpa mengeluarkan sepeser pun. Peningkatan kapasitas tersebut bisa kamu peroleh dengan beberapa cara, seperti mengunduh aplikasi mobile MediaFire, mempromosikannya di media sosial milikmu, serta mengajak teman-teman menggunakan layanan ini dengan kode referensi darimu.

Meski menyediakan kapasitas cukup besar, kelengkapan fitur MediaFire belum selengkap layanan serupa lain seperti Dropbox atau Google Drive. Belum ada fitur sinkronisasi data, atau penyimpanan data back-up secara otomatis. Namun setidaknya kamu bisa mengakses data milikmu di MediaFire secara mudah lewat smartphone atau desktop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here