Bhinneka Incar Peluang Bisnis di Bidang Pariwisata dan Perhotelan

0
191

Ikhtisar
  • Pergeseran prioritas konsumsi masyarakat yang lebih mengutamakan berwisata dibanding membeli barang membuat Bhinneka mengincar peluang bisnis di ranah pariwisata dan perhotelan.
  • Bhinneka memfokuskan diri sebagai penyedia layanan infrastruktur IT, dengan menyediakan perangkat, software, serta dukungan kepada para perusahaan yang menjadi klien mereka.

Heriyadi Janwar selaku Director of Corporate Sales Bhinneka baru-baru ini membeberkan rencana pihaknya untuk menjangkau klien dari ranah perhotelan. Dikutip dari pemberitaan SWA, rencana pengembangan ini dilakukan karena mereka menemukan peluang yang sangat besar di sektor hospitality, terutama melihat peningkatan jumlah hotel pada beberapa kota di Indonesia.

Heriyadi menjelaskan bahwa membeludaknya hotel di beberapa tujuan wisata populer, seperti Bali, Raja Ampat, dan Yogyakarta, memperlihatkan peluang yang sangat potensial bagi penjualan alat komputer guna kebutuhan operasional bisnis perhotelan. Penjualan produk-produk tersebut meliputi server, komputer desktop, tablet, mini PC, dan sebagainya.

Kami melihat potensi besar di sektor perhotelan. (Ini) dibuktikan dengan peningkatan kebutuhan dari pelaku bisnis di bidang hospitality yang tercatat konsisten dan cukup signifikan, khususnya sepanjang tahun 2017,

Heriyadi Janwar, Director of Corporate Sales Bhinneka

Bhinneka mengaku ikut menikmati ledakan bisnis perhotelan yang dibuktikan dengan pertumbuhan jumlah klien B2B mereka. Sepanjang 2017, mitra bisnis Bhinneka diklaim meningkat sebesar 70 persen dan akan semakin meningkat.

Aktif edukasi pasar marketplace B2B

Untuk memperbesar peluang di ranah hospitality dan perhotelan, Bhinneka tengah mengupayakan edukasi ke pasar. Salah satunya melalui kegiatan berjudul Smart Solution Day yang akan mereka gelar tanggal 23 November 2017 mendatang di Bali.

Heriyadi mengatakan kegiatan ini adalah semacam pendekatan aktif  kepada para pelaku usaha perhotelan agar tertarik menjadikan Bhinneka sebagai mitra dalam hal kebutuhan pengelolaan aset IT, seperti pemasangan internet, infrastruktur operasional, dan lain-lain. Dengan semakin diperlukannya kebutuhan pengelolaan aset dan inventori perhotelan secara digital, Bhinneka optimis bisa menggapai ceruk pasar hospitality sebagai target penjualan mereka di masa mendatang.

Bhinneka | Photo

Sumber: SWA

Bhinneka telah memperluas pangsa pasarnya dengan berbisnis di ranah marketplace B2B sejak 2016 lalu. Kehadiran Bhinneka dalam ranah ini membuatnya bersaing dengan sejumlah pemain lokal seperti BizzyRalali, serta, Mbiz yang baru-baru ini menjadi rekanan BUMN untuk urusan pengadaan barang online (e-procurement).

Meski bersaing di ranah yang sama, Bhinneka yang telah berkiprah selama lebih dari 24 tahun ini lebih fokus ke pengadaan alat seperti komputer, penjualan software, dan beragam kebutuhan infrastruktur IT lainnya. Fokus ini dipercaya sebagai kelebihan tersendiri bagi Bhinneka dari sisi layanan .

Bhinneka sebelumnya telah memperoleh pendanaan sebesar US$22 juta (sekitar Rp300 miliar) dari modal ventura lokal Ideosource. Putaran pendanaan di tahun 2015 tersebut, disebut-sebut sebagai investasi terbesar yang pernah dikeluarkan oleh Ideosource yang juga merupakan investor dari eFishery, FemaleDaily, dan KLN Network.

Sumber : Techinasia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here