10 Strategi Jitu Jika Ingin Lulus Kuliah dengan Cepat – Part 3

0
212

7. Kepoin senior.

Biasanya ada tuh, senior yang sukses lulus cepat. Pengalaman mereka bisa jadi pelajaran berharga. Nah, kamu bisa tanya-tanya deh, sama do’i.

Si senior ini bisa kasih tips dan info yang nggak kamu dapatkan dari buku atau Google. Contohnya, mata kuliah apa saja yang direkomendasikan diambil supaya bisa lulus lebih cepat. Atau dosen pembimbing mana yang paling mendukung mahasiswanya untuk cepat lulus.

Tapi kamu nggak perlu sih, nanyain soal status dan alamat rumah. Eaaak!

 

8. Memotivasi diri.

Ini lebih ke dalam diri sendiri, sih. Cari deh, suatu motivasi yang bisa membuat kamu makin semangat buat segera lulus.

Seperti Wila yang memandang lulus cepat sebagai salah satu poin plus, yang bisa bikin dirinya standout dibanding fresh graduate lain saat melamar kerja.

Anggis pun memiliki motivasi tersendiri, “Aku selalu berpikir ini (kuliah) seperti kewajiban moralku juga. Buat apa menunda-nunda, jika memang bisa dikerjakan. Apalagi orang tua memberikan fasilitas.”

Baca Juga ” 5 Cara Jitu Memotivasi Diri Sendiri Menjadi Sukses

 

9. Terapkan study-life balance.

Salah satu konsekuensi dalam usaha lulus cepat adalah soal waktu. Kamu harus memberikan waktu dan energi ekstra untuk urusan kuliah.

Namun tips dari Anggis adalah jangan menjadikannya sebagai beban. Jika ada waktu luang, menurut Anggis nggak ada salahnya untuk melakukan hal lain yang disukai, seperti olahraga, organisasi, atau berlibur.

“Yang penting, tetap ingat kewajiban dan target (lulus cepat). Kalau dipaksakan untuk terus-terusan belajar, mumet juga,” ungkap Anggis.

Baca Juga ” 8 Cara Super Belajar Kuliah dengan Efektif

 

10. Jangan Lupa Berdoa.

Lulus cepat dengan hasil gemilang memang bukan perkara gampang. Tapi semua memungkinkan kalau kamu sungguh-sungguh berusaha dan berdoa.

Semoga berhasil!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here