Bos Bloomberg Bagi Tips Sukses Jadi Orang Terkaya Dunia

0
165

Michael Bloomberg dikenal sebagai salah satu miliarder terkaya di dunia. Pria yang lahir pada 14 Februari 1942 ini juga pernah menjabat sebagai walikota New York selama tiga periode.

Kesuksesan yang mampu diraihnya tentu bukan tanpa sebab. Dalam wawancaranya dengan New York Times, Michael Bloomberg menuturkan lima kunci yang dipakainya untuk meraih kesuksesan bisnis. Berikut ulasan lengkapnya melansir laman nytimes

1. Pentingnya pendidikan

Bloomberg menekankan pentingnya pendidikan untuk bisa meraih sukses dalam hidup. Pendidikan yang dienyam di bangku sekolah dapat mengubah pola pikir dan cara seseorang dalam menghadapi permasalahan hidup.

“Sangat penting bagi Anda untuk bersekolah di tempat yang memiliki kurikulum dan pengajaran yang baik. Banyak orang mengeluh bahwa mereka tidak memiliki biaya untuk pendidikan. Padahal dulu, orang tua saya bahkan rela menggadaikan rumah demi membiayai saya sekolah,” tutur Bloomberg.

2. Belajar segala hal

Di bangku kuliah, sebagian besar orang lebih memilih untuk mengambil jurusan yang dianggapnya bisa mendatangkan kesempatan besar dalam karier. Menurut Bloomberg hal ini tidaklah benar. Masa muda terutama di bangku kuliah lebih baik dimanfaatkan untuk belajar banyak hal dan mengenal akan apa yang benar-benar Anda senangi.

“Dulu saya ingin belajar fisika, saya malah masuk ke sekolah teknik,” tuturnya. “Tapi hal itu tidak saya sesali. Hal utama yang harus Anda dapat dari bangku pendidikan adalah mengekspos diri Anda ke berbagai ide baru, melakukan hal yang tidak pernah dilakukan sebelumya dan menjelajah berbagai tempat,” ungkapnya.

3. Kemampuan interaksi dengan orang lain

Selain pendidikan, Bloomberg juga menekankan pentingnya kemampuan interaksi dengan orang lain. Menurutnya, tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain. Apabila seseorang bisa menguasai teknik ini, maka kesuksesan pun dapat diraih dengan mudah.

“Pada akhirnya, kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain adalah hal penting yang Anda butuhkan,” jelasnya.

4. Ubah kesempitan jadi kesempatan

Saat pertama kali masuk ke dunia karier, Bloomberg pernah diturunkan ke posisi yang lebih rendah. Pada akhirnya ia pun memilih keluar dari perusahaan yang cukup bergengsi kala itu. Namun Bloomberg menjelaskan bahwa hal tersebut justru merupakan keputusan terbaik yang ia lakukan.

“Kalau waktu itu saya tidak keluar dari perusahaan perbankan tersebut, saya tidak akan menggunakan kemampuan saya untuk membuat situs analisis saham terbesar di dunia, dan saya pun tidak akan menjadi miliarder.”

5. Punya rasa empati

Hal terakhir yang menjadi faktor penentu kesuksesan bisnis menurut Bloomberg adalah adanya rasa empati. Bagi Bloomberg, orang yang peduli pada orang lain akan mampu dengan mudah menggapai kesuksesan. Karena rasa kepedulian ini ia dapat dengan mudah menemukan masalah yang sedang di hadapi di dunia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here