Tips Wisata Kuliner Saat Liburan Biar Kantong Tak Jebol

0
575

Anda pasti sepakat, traveling tanpa wisata kuliner tidak seru. Karena itu, tidak heran jika banyak pelancong alias traveler yang mengagendakan wisata kuliner dalam itinerary mereka.

Mencicipi makanan khas atau makanan lokal yang sedang hits di destinasi  traveling, adalah agenda wajib karena sulit menemukan makanan sejenis di di tempat asal traveler.  Namun berburu kuliner di tempat (wisata) yang baru dikenal,  ternyata bukan hal sederhana. Banyak hal yang bisa menjadi kendala untuk menemukan obyek kuliner sesuai tujuan.

Mulai dari ketidaktahuan tempat bersantap? Apa makanan khas setempat? Dan yang paling penting, apakah harganya juga pas dengan isi kantong Anda?

Bukan rahasia, biaya makan selama traveling adalah salah satu komponen terbesar di dalam pengeluaran. Karena itu, Anda mesti bisa mengatur pengeluaran baik-baik. Jangan sampai di tengah-tengah masa liburan, Anda justru kehabisan uang karena tidak memiliki kontrol yang baik ketika mengatur pengeluaran. Termasuk pengeluaran saat makan di berbagai restoran.

Jika hal seperti ini sampai terjadi, maka bukan hanya keuangan Anda yang akan terganggu, namun sisa waktu perjalanan Anda juga akan menjadi tidak menyenangkan lagi.

Nah,  agar suasana kegembiraan liburan tidak rusak karena gangguan semacam itu, berikut tips kulineran dari Danaxtra.com yang bisa Anda perhatikan saat traveling.

Cari Referensi Spot Kuliner

Sebelum berangkat, Anda sebaiknya sudah mencari referensi tempat-tempat wisata kuliner yang khas dan hits di daerah itu. Anda bisa melakukan pencarian melalui internet, majalah, televisi atau dengan bertanya kepada teman atau keluarga yang  paham daerah itu.

Tempat makan yang direkomendasikan dapat menjadi acuran bersantap selama Anda berwisata. Cari lokasinya secara persis agar tidak kebingungan saat sampai di destinasi.

Karena itu jangan lupa googling untuk mencari informasi seputar daerah tersebut. Mulai dari informasi soal tempat wisata yang akan Anda kunjungi? Sarana yang bisa dimanfaatkan? Pernah ada kejadian apa di sana? Apa yang mesti diwaspadai?

Terutama, juga soal makanan. Apa kuliner khas daerah itu? Bagaimana harganya? Di mana warung makan yang murah? Cari informasi selengkap-lengkapnya.

(baca juga : Wisata Hemat Saat Long Week End).

Tentukan Budget untuk Kuliner

Bukan rahasia, kita seringkali lupa mengerem pengeluaran ketika berwisata. Oleh karena itu, Anda harus menentukan budget untuk makan selama masa traveling. Mungkin tidak presisi, namun dengan perhitungan yang baik sejak awal, Anda akan terbantu dalam mengontrol keuangan selama traveling.

Atur budget makan dengan tepat, misalnya dengan menentukan budget harian atau budget setiap satu kali makan. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol pengeluaran setiap kali makan di sebuah restoran yang dikunjungi nanti.

Hindari makan tanpa perhitungan, jangan pilih menu makanan yang mahal karena akan segera menghabiskan dana liburan Anda.  Akan lebih bijak jika Anda memilih menu yang harganya terjangkau.

Atur Waktu Kuliner dengan Tepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here