Inilah Alasan Kenapa Anda Takut Memulai Bisnis

0
563
memulai-bisnis
memulai-bisnis

Semakin banyak orang yang memiliki keinginan untuk berbisnis sendiri. Kerja di sebuah perusahaan sampai tua atau jadi kutu loncat nampaknya sudah bukan sesuatu yang menarik.
Tapi, kenyataannya memulai bisnis tidak semudah seperti memasak tempe. Lalu apa sih sebenarnya alasan utama yang menyebabkan seseorang tidak segera memulai bisnis?

Ada 5 hal yang diduga sebagai alasan kenapa anda tidak bisa segera memulai bisnis.

1. Gak Memiliki Panutan 

Punya role model atau panutan itu adalah hal yang baik loh. Dengan begitu kita jadi punya panduan. Memang sih punya panutan bukan hal yang paling penting untuk memulai bisnis. Tapi, bukan berarti gak boleh ada ya.
Permasalahan yang sebenarnya kita hadapi adalah ketakutan. Takut apa? Ya ngerasa takut karena tidak memiliki pengetahuan dan kepercayaan di dalam diri untuk berhasil.

Jangan kelewat khawatir dong.

Coba ikut seminar atau pelatihan dari pebisnis yang sudah sukses sebelumnya. Pelajari cara-cara untuk memenangkan persaingan bisnis.

2. Merasa Belum Siap Memulai Bisnis 

Saat ditanya siap atau gak, banyak pebisnis sukses yang memulai bisnisnya dalam kondisi yang sebenarnya juga belum siap 100%. Kapan sih kita siap memulai bisnis? Kapan siap menikah? Kapan siap mandiri? Jawabannya pasti gak tahu kan. Kita hanya menjalankan saja (just do it).

Ketakutan kita sebenarnya saat akan memulai bisnis adalah gak siap untuk menanggung kegagalan.

Banyak sekali pebisnis di dunia ini yang pernah mengalami kegagalan. Pebisnis yang belajar bisnis di sekolah dan di dunia nyata sudah jelas berbeda. Mereka yang belajar bisnis di sekolah akan diajarkan teori baru kemudian diuji. Sebaliknya dengan mereka yang belajar bisnis di dunia nyata. Ujian dulu baru kemudian mendapat jawaban.

Kamu harus tahu bahwa kegagalan itu ada untuk dihadapi dan bukan untuk dihindari.

Baca Juga : Ingin tau Bisnis yang Paling Hitz Saat ini ?

3. Kurang Percaya Diri

Kurang rasa percaya diri sebenarnya adalah bentuk asli dari rasa ketakutan. Kita kurang percaya diri karena takut gagal. Padahal menurut Mahatma Gandhi, apa yang kita percayai bisa mempengaruhi masa depan loh.

Jika kita mempercayai bahwa kita gak percaya diri, ya yang akan terjadi di kemudian hari adalah kita menjadi orang yang gak percaya diri. Jika kita mempercayai sebuah kegagalan adalah hal yang buruk (padahal bisa jadi kegagalan bukan hal yang buruk), maka kita gak akan berani mengambil risiko tersebut.

4. Gak Punya Skill Menjalankan Bisnis 

Kemampuan atau skill menjalankan bisnis seharusnya gak didapatkan hanya dengan membaca buku atau lulus kuliah. Membaca buku dan lulus kuliah memang membangun wadah atau context.
Namun terkait dengan isi atau konten, setiap calon pebisnis harus berani mencoba, berani melakukan kesalahan dan mau belajar dari kesalahan-kesalahan yang dibuat.

Baca Juga : Buat Anak Muda yang Mau Memulai Bisnis, Jangan Lakukan 10 Kesalahan yang Paling Berbahaya Ini!

5. Gak Punya Modal 

Banyak orang menunda memulai bisnis karena masalah modal atau gak memiliki akses. Mungkin saja itu alasan yang tepat untuk orang-orang zaman dahulu, namun bukan untuk orang-orang zaman sekarang.

Sebenarnya banyak loh orang-orang yang memiliki uang di luar sana, yang bisa mendanai bisnis kita. Pertanyaannya apakah kita yakin dan berani untuk meminta pendanaan?

Nah, masalah yang sebenarnya kita hadapi adalah takut gagal dan menghilangkan uang orang lain. Iya kan? Jika kita berpikir seperti itu, maka kita gak akan pernah bisa berhasil menjalankan bisnis deh.

Setiap investor selalu memahami risiko yang dihadapinya dalam menjalankan bisnis. Mereka juga tahu banyak bisnis yang mengalami kegagalan, dibandingkan bisnis yang berhasil. Jika mereka merasa ide bisnis kita terlalu berisiko, mereka juga gak akan mau berinvestasi kok.

So, gimana nih? Sudah mulai memahami kan alasan-alasan yang bisa dibilang kendala kita dalam memulai bisnis.

Dari penjelasan di atas, pada dasarnya alasan utama yang menyebabkan seseorang sulit memulai bisnis karena mindset mereka yang salah. Mereka masih mengalami takut gagal, takut kehilangan uang dan takut menghilangkan uang orang lain.

Ubah cara pikir itu, berpikirlah nothing to lose dan bekerja maksimal. Itulah hal yang benar. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here