Berhentilah Membahas Product Market Fit, Ini Saatnya Kita Bicara tentang Founder Market Fit

0
249

Kamu mungkin telah sering mendengar istilah product market fit, dan pentingnya hal tersebut untuk mengembangkan traksi sebuah startup dengan cepat. Namun apakah kamu tahu tentang founder market fit?

Pada tahap awal dari sebuah bisnis, para pemain yang berkompetisi biasanya akan mendapatkan traksi dan nominal investasi yang relatif sama. Itulah mengapa kita jarang bisa memprediksi pemain mana yang akan menjadi pemenang bila hanya mengandalkan metrik mereka di tahap awal tersebut.

Kami di Convergence Ventures percaya bahwa hal terpenting untuk menentukan kesuksesan sebuah startup adalah tim yang ada di belakangnya. Bagi kami, founder market fit merupakan cara untuk mengetahui apakah sebuah tim memang cocok untuk bisnis tersebut atau tidak.

Ada banyak kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan founder market fit. Namun, menurut kami ada tiga hal yang paling penting, yaitu:

  • Pengalaman
  • Semangat (Passion)
  • Tujuan

Pengalaman

Kriteria yang satu ini tampaknya cukup jelas. Founder yang memiliki pengalaman langsung di sebuah industri tentu akan mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik, dibanding orang lain yang belum pernah bekerja di bidang tersebut. Mereka pasti telah mengidentifikasi masalah yang ada atau mempunyai sudut pandang yang unik, setelah bekerja bertahun-tahun.

Pengalaman bisa ditentukan dari berapa lama para founder bekerja di industri tersebut, prestasi signifikan apa yang telah mereka capai, dan seberapa luas jaringan mereka.

Jika para founder tidak mempunyai pengalaman langsung, kami akan bertanya apakah mereka mempunyai penasihat yang bekerja atau mempunyai koneksi di bidang tersebut.

Umumnya, sebuah tim dengan pengalaman yang lebih banyak di sebuah industri, akan bisa melakukan eksekusi yang lebih baik.


Semangat (passion)

Semangat memang lebih sulit untuk diukur. Di Convergence Ventures kami mengartikan semangat dengan seberapa besar para founder mencintai bisnis yang tengah mereka bangun. Hal ini bisa menentukan seberapa kuat ketahanan (resilience) dan determinasi (determination) mereka dalam bisnis tersebut.

Steve Jobs pernah berkata, “Satu-satunya cara untuk menghasilkan karya yang hebat, adalah dengan mencintai apa yang kamu kerjakan.”

Karena itu, kami percaya bahwa satu-satunya cara untuk bisa bertahan menghadapi tantangan dan hambatan ketika membangun bisnis adalah dengan mempunyai semangat yang kuat terhadap pekerjaan tersebut. Dengan begitu, “bekerja” tidak lagi seperti bekerja, tapi lebih seperti bagian dari kehidupan, dan hal yang membuat mereka bersemangat ketika bangun di pagi hari.

Jelas, sebuah tim yang bersemangat dengan industri yang mereka masuki akan mempunyai determinasi yang lebih besar dibanding orang lain. Semangat memang sulit untuk dijelaskan, namun kita bisa melihatnya dari:

  • Cara seorang founder berbicara tentang industri tersebut.
  • Apa yang mendorong mereka untuk memasuki bisnis tersebut?
  • Seberapa detail mereka memahami bisnis itu?
  • Seberapa peduli mereka dengan produk yang dihasilkan?
  • Apakah mereka rela bekerja hingga larut malam untuk membangun bisnis?

Semua hal tersebut adalah tanda-tanda seseorang yang bersemangat terhadap bisnisnya.


Tujuan

Kriteria lain adalah alasan mengapa seorang pengusaha memulai bisnis. Apa yang mendorong mereka untuk memulai bisnis tersebut, dan apa yang memicu mereka untuk menjalankannya sebagai sebuah misi?

Founder Market Fit | Infografis

Kami sering meminta para entrepreneur untuk menceritakan “kisah” mereka, aspek seperti apa dari kehidupan mereka yang mendorong mereka untuk membangun perusahaan? Lewat cerita tersebut, kami terkadang bisa mempelajari tujuan atau motivasi tersembunyi dari para founder tersebut.

Tidak ada jawaban yang benar untuk hal ini. Namun setelah mendengar banyak alasan-alasan menarik untuk memulai sebuah bisnis, ada satu jawaban yang tidak ingin kami dengar: “karena ada potensi pasar yang besar”.

Bagi kami, hal ini menunjukkan cara berpikir mereka yang pendek, dan kemungkinan besar motivasi utama mereka membangun bisnis adalah untuk mendapatkan uang.

Ketika masa-masa sulit datang (yang pasti akan terjadi), godaan untuk berhenti dan kembali mencari pekerjaan dengan gaji yang baik pun sulit untuk dilawan.


Jadi, ketika kalian bertemu dengan kami, jangan kaget apabila kami menghabiskan banyak waktu untuk berbincang tentang kamu dan para founder lain. Kami ingin mengetahui mengapa kalian akan menjadi tim terbaik di Indonesia yang menjalankan bisnis ini? Mengapa kalian merupakan tim yang paling berpengalaman? Mengapa dari sekian banyak hal yang bisa kalian lakukan, kalian justru memutuskan untuk mendirikan sebuah startup? Dan bagaimana kalian memulainya?

Sering kali, diskusi yang bisa membangun keyakinan kami terhadap para founder, adalah hal yang mendorong kami untuk menerima kalian mengikuti proses due diligence kami selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here